windows-10-lite-4e58c

Akhir tahun lalu, perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Microsoft dikabarkan akan merilis sistem operasi baru yakni versi ringan atau lite dari Windows 10. Projek lite Microsoft memang lama tidak terdengar. Namun, kali ini projek Windows Lite tersebut diberi nama Santorini. Kabarnya, Windows versi ringan tersebut akan memiliki User Interface (UI) baru dan benar-benar berbeda dari pendahulunya.

Patut diketahui, ada kemungkinan Santorini hanya kode saja (bukan nama sebenarnya untuk rilis nanti). Namun, Microsoft mengakui bahwa versi Lite ini bukanlah versi penyusutan dari sistem operasi Windows 10. Karena pengguna akan merasakan pengalaman yang betul-betul baru dan berbeda. Rencananya OS ini dirancang untuk perangkat Centaurus dan Pegasus . Sebagai informasi, Centaurus adalah perangkat yang dapat dilipat. Sementara Pegasus adalah PC atau laptop yang kita kenal sekarang ini.

Meski Microsoft belum mengumumkan secara resmi kapan peluncurannya, diharapkan Santorini dapat menyaingi Chrome OS. Namun, banyak kritik yang memprediksi Microsoft akan sulit menghadapi Chrome OS di pasaran. Salah satu alasannya adalah nantinya pengguna Santorini hanya bisa menginstall aplikasi yang tersedia di Microsoft Store saja. Seperti diketahui. aplikasi yang tersedia di Microsoft Store sangat terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shop By Department

No products in the cart.

WhatsApp WhatsApp Chat